Biak Numfor (31/10/2017), Marikem (36) adalah karyawan swasta yang sehari-hari bekerja di CV.Sinar Pagi Biak dan telah menjadi peserta JKN-KIS kategori Pekerja Penerima Upah (PPU). Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, ia merasa terganggu dengan dengan kondisi kesehatannya karena sering merasakan tegang usus bagian perut bawah-samping dan terkadang terasa sakit.

Berdasarkan saran dari temannya, yang sebelumnya pernah sakit dan menggunakan kartu JKN-KIS untuk konsultasi kesehatan. Ia pun memutuskan untuk konsultasi ke Dokter Keluarga terdaftar sebagai peserta JKN- KIS. 

Pada saat konsultasi ke Dokter Keluarga, berdasarkan gejala-gejala dan keluhan yang di sampaikan ke dokter, beliau mengidap penyakit hernia stadium sedang. Ia pun lantas dirujuk ke RSUD Biak untuk kosultasi kepada Dokter spesialis. 

Dan berdasarkan indikasi medis dari dokter spesialis, beliau di rekomendasikan untuk melakukan operasi sebelum penyakitnya menjadi lebih parah lagi. Pada tanggal tanggal 29/10/2017 beliau mendftar ke poli bedah  RSUD Biak untuk operasi hernia dan di jadwalkan akan di operasi pada tanggal 30/10/2017 jam 7 malam. 

“Tidak ada kendala selama proses operasi. Semua biaya operasi hernia 100% ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Asalkan sesuai dengan prosedur dimana harus konsul ke Faskes Tingkat I, kemudian harus ada surat rujukan dulu baru ke Rumah Sakit. Selama menjalani operasi hernia Tidak ada proses yang dipersulit oleh pihak manapun sejak awal sampai selesai,” ungkap Marikem.

Marikem mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan rumah sakit sehingga beliau dapat melakukan operasi hernia dengan pelayanan yang sangat memuaskan. (TR/as)